Home / Lebak

Rabu, 6 Januari 2021 - 14:07 WIB

Abdi Gema Perak Soroti Pengelolaan Koperasi Tambang Rakyat Di Baksel

Suara45.com-Koordinator Wilayah Lebak Selatan LSM-ABDI GEMA PERAK Didin Muztahidin menilai Koperasi Penambang Rakyat Cibeber yang bergerak di bidang jasa khususnya jasa pertambangan di nilai sudah keluar dari azas-azaz prinsif perkoperasian.

Pasalnya, Koprasi yang berkantor di Kampung Nagrak Km 2 Jalan Raya Provinsi Cikotok – pasir Kuray, Desa Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak ini, diduga belum memiliki Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR).

“Mestinya koprasi ini berjalan sesuai Ad/ Art nya, kalau bergerak di bidang pertambangan rakyat, harusnya koprasi ini, melegalkan dulu perijinan, yang tentunya harus ada Wilayah Pertambangan Rakyat ( WPR ) sebagai wadah induk dari anggotanya yang bergerak di bidang pertambangan, agar keberadaan wadah ini bisa melindungi anggotanya” ungkap Didin.

Baca Juga..!!  Obat Label (K ) Diduga Dijual Bebas Di Lebak Tanpa Resep Dokter

Dikatakan Didin, kalau demikian untuk mempunyai legal standing koperasi tersebut sangat pesimis sekali, karena di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak Provinsi Banten ini lahan kosong untuk wilayah pertambangan rakyat sudah tidak ada, karena sudah di miliki oleh kafe kafe perusahan lain.yang akhirnya koperasi penambang rakyat Cibeber ini, malah mengelola hasil tambang yang sudah ada.

“Berdasarkan informasi yang kami dapat koperasi ini malah di duga melakukan pungutan dari bebanan,hasil tambang rakyat yang sudah ada”ujar Didin.

Selain itu kata Didin, Sebelumnya informasi yang didapat
bahwa dari awal koprasi penambang rakyat ini, memungut uang pendaftaran sebgai anggota, juga simpanan wajib,dan iuran lainnya.

“Informasi yang kami terima ada pungutan untuk pendaftaran menjadi anggota, Tetapi setelah berjalan, iuuran dari anggota itu tidak di realisasikan kepada kebutuhan pokok anggota koperasi,seperti kebutuhan di lobang ,jadi menurut saya kalau seperti ini berarti koprasi sudah melawan aturan penambangan dan azas azas koperasi itu sendiri” cetus Didin.

Baca Juga..!!  Komsos Koramil Warunggunung Satukan Suara Dalam Upaya Penanganan Covid 19

Lanjut Didin, dalam waktu dekat ini,
LSM AGP akan melakukan kroscek ke Dinkop Lebak, dan melaporkan koperasi tersebut,karena di duga mengelola hasil pertambangan emas ilegal.

“Dalam waktu dekat kita akan segera melalukan kroscek ke dinas koperasi dan mebyampaikan laporan terkait kegiatan pengelolaan tambang emas”tandasnya.

Sementara hingga berita ini di tayangkan pihak koperasi belum memberikan keterangannya, saat di konfirmasi melalui pesan Whats Appnya tidak ada jawaban. (1K)

Bagikan :

Baca Juga

Bupati Lebak Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP Dari Kemendagri

Lebak

Bupati Lebak Terima Penghargaan Karya Bhakti Peduli Satpol PP Dari Kemendagri

Lebak

PWI Lebak Dan FWM Bagikan Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19
Bocah Asal Rangkasbitung Tewas Di Kubangan Bekas Galian

Lebak

Bocah Asal Rangkasbitung Tewas Di Kubangan Bekas Galian

Lebak

Di Duga Tipu Sejumlah Warga, Oknum Guru Di Warunggunung Dilaporkan Ke BKPP
Dua Siswi SMAN 1 Malingping Dapat  Kadeudeuh Dari Gubernur

Lebak

Dua Siswi SMAN 1 Malingping Dapat Kadeudeuh Dari Gubernur

Lebak

Bupati Lebak Ikuti Kegiatan Praktik Baik ANPK Melalui Zoom Meeting
.

Lebak

Suandi Warga Sajira Tersenyum Di Bangunkan Huntara Oleh FMMB BSD
Di Duga Kongkalingkong, BB Lebak Akan Hentikan Proyek PUPR Banten

Lebak

Badak Banten Tuntut Penegak Hukum Usut Tuntas Soal Pengabaian Amanat UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa