Home / Lebak

Kamis, 11 Februari 2021 - 16:00 WIB

Mampu Jadi Contoh Bumdes, Water Boom Cimenteng Jaya Raih Penghargaan HPN Award 2021

Suara45.com- Pengelola Water Boom Cimenteng Jaya Kecamatan Cibadak Kabupaten Lebak, Badriyudin, hari ini, Kamis (11/2/2021) didatangi pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Lebak.

Kedatangan pengurus PWI dan SMSI Lebak tersebut untuk menyerahkan Penghargaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Cimenteng Jaya yang dinilai mampu menjadi inspirasi bagi desa-desa yang lain dalam memajukan ekonomi di desanya.

Pengelola Water Boom Cimenteng yang merupakan usaha andalan BUMDES Cimenteng Jaya, Badriyudin mewakili pengurus BUMDES menerima penghargaan tersebut untuk kategori Sahabat Pers.

Menggagas desanya memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang bisa menggerakkan roda ekonomi, membuat Badriyudin, tokoh pemuda setempat berpikir keras dan membuat konsep usaha yang sehat dan berdampak pada ekonomi masyarakat di desa Cimenteng Jaya Kecamatan Cibadak Kab. Lebak.

Alhasil, setelah melalui perencanaan dan Musyawarah desa berkali-kali, Desa Cimenteng Jaya sekarang memiliki usaha water boom.

Omzet usaha dari Water Boom Cimenteng Jaya sudah pada kisaran Rp 60 juta per bulan, dengan penyerapan tenaga kerja yang lumayan mampu mendongkrak ekonomi warga sekitar, mulai dari sektor parkir, pedagang dan jasa mainan pendukung.

Untuk transparansi pengelolaan anggaran, kata Badri, setiap 3 bulan diadakan musyawarah dengan agenda laporan keuangan.

Baca Juga..!!  Bulog Lebak Gencar Operasi Pasar

Water Boom Cimenteng Jaya menerima penghargaan Hari Pers Nasional (HPN) Award 2021 dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kab. Lebak untuk kategori Sahabat Pers, yaitu sosok yang memiliki relasi positif dengan wartawan dan memberikan inspirasi bagi publik.

Saat menyerahkan penghargaan kepada BUMDES Cimenteng Jaya, Ketua PWI Lebak, Fahdi Khalid mengatakan, Water Boom Cimenteng Jaya dinilai bisa menjadi inspirasi bagi desa desa lainnya di Lebak.

Selama ini kata Fahdi Khalid, banyak ditemui BUMDES mati suri dan tidak bisa berkembang.

Namun beda dengan BUMDES cimenteng Jaya yang bisa menyumbangkan Penghasilan Asli Desa yang cukup besar, selain dampak pemyerapan tenaga kerja dan dampak ekonomi yang ditimbulkan.

Lanjut dia, tokoh-tokoh yang diberikan penghargaan sudah melalui seleksi panitia dengan mempertimbangkan kiprah yang bersangkutan mendukung kemajuan pers dan juga kiprah sosialnya di Kabupaten Lebak.

Kategori penghargaan HPN Award antara lain soal keterbukaan informasi, kontribusi, relasi dan kiprah tokoh tersebut dalam pembangunan.

“Semoga pemberian penghargaan HPN Award 2021 ini bisa menjadi pengingat dan motivasi kepada semua putra Lebak untuk semakin semangat lagi membangun Lebak tercinta,” kata Fahdi Khalid.

Sementara itu, Badriyudin, setelah menerima pemghargaan HPN Award 2021 menyampaikan terimakasihnya atas penghargaan yang diberikan oleh PWI dan SMSI Lebak.

Baca Juga..!!  Bangunan BLK 500 Juta Di Soal Aliansi IKGS Lebak

“Terimakasih atas penghargaan yang diberikan.Ini bukan untuk saya, tapi penghargaan bagi seluruh warga Cimenteng Jaya. Juga terimakasih kepada bapak Kepala Desa Cimenteng Jaya yang selalu memberikan support dan bimbingan agar pengelolaan BUMDES dan Water Boom Cimenteng Jaya bisa lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Badriyudin, Pengelola Water Boom Cimenteng Jaya.

Sementara itu, Ketua SMSI Lebak, Achmad Syarif pada kesempatan itu mengemukakan,
Pembagian HPN Award 2021 akan berlangsung bertahap hingga akhir Februari 2021.

Sebagai rangkaian dari perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2021, PWI dan SMSI Lebak menggelar beberapa kegiatan, mulai dari talkshow yang disiarkan melalui Radio Multatuli FM 89 FM, berlangsung 2 hari, hari pertama, Senin (8/2) dengan narasumber ketua PWI dan SMSI, dan pada Selasa (9/2) dengan narasumber wartawan senior di era 80-90 an yang pernah bertugas di Lebak.

Selain talkshow, pada HPN 2021, PWI dan SMSI akan memberikan anugrah pada tokoh-tokoh publik yang dinilai memiliki jasa pada pengembangan pers di Kabupaten Lebak.

Kegiatan lainnya berupa bhakti sosial dengan membagikan Kitab Al-Qur’an dan sembako kepada warga di sekitar Rangkasbitung. (ik)

Bagikan :

Baca Juga

Gapensi Lebak Meriahkan  HUT RI Dengan Berbagai Macam Kegiatan

Lebak

Gapensi Lebak Meriahkan  HUT RI Dengan Berbagai Macam Kegiatan
Kapolres Lebak : Warga Kanekes Di Duga Menjadi Korban Pembunuhan Dan Pemerkosaan

Lebak

Kapolres Lebak : Warga Kanekes Di Duga Menjadi Korban Pembunuhan Dan Pemerkosaan

Lebak

Bukber Forwal Bentuk Tali Silaturahmi Pengurus Dan Anggota

Lebak

Petugas Gabungan Bagikan Masker Di Alun-alun Rangkasbitung
PKBM Cundamani Berhasil Harumkan Nama Lebak Di Tingkat Nasional Tahun 2019

Lebak

PKBM Cundamani Berhasil Harumkan Nama Lebak Di Tingkat Nasional Tahun 2019

Lebak

Modus Galang Dana, Nama Bupati Lebak Dicatut Dan Dibajak
Peringati HUT RI, Pemkab Lebak Adakan Riung Mungpulung

Lebak

Peringati HUT RI, Pemkab Lebak Adakan Riung Mungpulung
Jabatan Ketua DPC Partai Gerindra Lebak Di Serah Terimakan

Lebak

Jabatan Ketua DPC Partai Gerindra Lebak Di Serah Terimakan