Peran Pemuda Dalam Pembangunan Desa Dimata ABDUL AZID
Peran Pemuda Dalam Pembangunan Desa Dimata ABDUL AZID
in

Peran Pemuda Dalam Pembangunan Desa Dimata ABDUL AZID

Suara45, Tangerang – Peran Pemuda dalam pembangunan desa sangat dibutuhkan, dimulai dari membangun SDM(Sumber Daya Manusia) nya, untuk menciptakan Desa yang bersih Transparan sehingga terwujudlah kepribadian yang Berakhlaqul Karimah.

Pemuda Desa perlu dibangkitkan dalam pembangunan, libatkan, perankan dan gerakan mereka agar desa cepat maju dan berkembang, ucap Abdul Ajis S Pdi, Tokoh Pemuda Desa Cikareo Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang.

Menurut Abdul Ajid, Salah satu yang jadi penghambat dalam proses kemajuan desa adalah tidak transparannya mengenai pendanaan untuk pembangunan.

Dilihat dari Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang desa Paragraf 3 dalam hal Pemantauan dan Pengawasan Pembangunan Desa Pasal 82 yang berbunyi:

a. Masyarakat desa berhak mendapatkan informasi mengenai rencana dan pelaksanaan pembangunan desa.

b. Masyarakat desa berhak melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan pembangunan desa.

c. Masyarakat desa melaporkan hasil pemantauan dan berbagai keluhan terhadap pelaksanaan pembangunan desa kepada Pemerintah Desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

d. Pemerintah Desa wajib menginformasikan perencanaan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan. Jangka Menengah Desa, Rencana Kerja Pemerintah Desa, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

e. Kepada masyarakat desa melalui layanan informasi kepada umum dan melaporkannya dalam Musyawarah Desa paling sedikit 1 (satu) tahun sekali.

f. Masyarakat desa berpartisipasi dalam Musyawarah Desa untuk menanggapi laporan pelaksanaan pembangunan desa.

Artinya masyarakat Desa wajib tahu apa saja yang akan dan telah dikerjakan oleh pemerintah desa, disitulah fungsi peran Pemuda dalam pembangunan demi kemajuan Desa, ucap Abdul Ajid.

Pemuda harus Kreatif dan Inovatif, “kita harus bisa mengembangkan ide atau gagasan dan membuatnya menjadi karya yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain”.

“Untuk mewujudkan desa yang mandiri dibutuhkan kreativitas dan inovasi dalam merealisasikannya sehingga desa dapat memanfaatkan potensi fisik dan nonfisik yang dimilikinya”.

Baca Juga..!!  Kawanan Penjahat Bersenjata Tajam Di Tangkap Ditangerang

Berbagai potensi yang ada di desa sangat mungkin dapat dikembangkan dan dapat mewujudkan kegiatan berbasis Usaha Ekonomi Masyarakat jika dikemas dengan cara yang kreatif dan inovatif, tutur Abdul Azid.

Kepercayaan diri dari masyarakat desa pun harus terus ditingkatkan. Jangan malu jadi orang desa, karena tanpa desa, masyarakat kota tidak bisa apa-apa,

Mari bersama-sama bahu membahu untuk membangun Desa Cikareo, “Desa Maju Warga Sejahtera”, pungkasnya.(Reno)

Komentar
Anthony Ray

Written by Anthony Ray

Keinginan Terbesar Adalah Dapat Membahagiakan Keluarga

Sempat Buron 6Tahun, Pelaku Pembunuhan Di Tulangbawang Barat Di Tangkap Di Cimahi Bandung

Sempat Buron 6Tahun, Pelaku Pembunuhan Di Tulangbawang Barat Di Tangkap Di Cimahi Bandung

3 Desa Di Kecamatan Cimanuk,Adakan Serah Terima Irigasi Dari P3A Kepada Masyarakat Pengguna Manfaat

3 Desa Di Kecamatan Cimanuk,Adakan Serah Terima Irigasi Dari P3A Kepada Masyarakat Pengguna Manfaat