Home / Tangerang

Jumat, 22 Januari 2021 - 22:21 WIB

Polresta Tangerang Ikuti Apel Siaga Penanggulangan Bencana

Suara 45 Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana di Lapangan Maulana Yudhanegara, Puspemkab Tangerang, Jumat (22/1/20210. Apel juga diikuti personel Kodim 0510 Tigaraksa, Satpol PP Kabupaten Tangerang, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang.

Pada apel itu, Wakapolresta Tangerang AKBP Dedy Tabrani memimpin personel Polresta Tangerang. Apel Siaga dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengatakan, kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana adalah langkah preventif dalam mengantisipasi penaggulangan bencana. Paradigma penanggulangan bencana, kata Wahyu, sudah semestinya diubah dari responsif menjadi preventif.

Baca Juga..!!  DPAC BPPKB Rajeg Kukuhkan Ranting Lembang Sari

“Hal itu agar konsep penanggulangan bencana bukan sekadar reaktif tetapi juga proaktif dengan kemampuan analisa dan pemetaan yang sesuai,” kata Wahyu.

Wahyu menyampaikan, wilayah Kabupaten Tangerang memiliki karakteristik potensi bencana banjir. Guna mengantisipasi potensi bencana itu, terang Wahyu, tidak hanya diperlukan kesiapsiagaan semua aspek. Namun juga dipelrukan adanya perubahan perilaku.

“Masyarakat haruus mulai menerapkan pola hidup bersih dan sehat dengan pengelolaan sampah yang baik, tidak dibuang sembarangan. Dan adanya keaktifan untuk terus memonitor saluran air,” terang Wahyu.

Baca Juga..!!  Dandim 0510/Trs Pimpin Apel Gabungan Operasi Yustisi Dan PPKM

Wahyu melanjutkan, respons yang cepat perangkat pemerintah harus berpadu dengan adanya edukasi kepada masyarakat dalam penanganan bencana. Dengan demikian, ujar Wahyu, upaya penanggulangan bencana secara komprehensif dapat berjalan cepat, tepat, efisien, dan efektif.

“Mari kita senantiasa waspada dan selalu berdoa serta mengubah perilaku kita. Karena atas izin-Nya, bencana bisa saja kita cegah dengan penanganan yang benar,” tandasnya.( Dag )

Bagikan :

Baca Juga

Kawanan Begal Sering Beraksi Di Cikupa Dan Balaraja Di Bekuk Polisi

Kriminal

Kawanan Begal Sering Beraksi Di Cikupa Dan Balaraja Di Bekuk Polisi

Tangerang

Pelanggar Operasi Yustisi di Mauk Terus Menurun

Tangerang

Pihak Sekolah SD Negeri Sumur Bandung 1 Diduga Jual Aset Sekolah Kepada Warga Berupa Material Bekas

Banten

Tidak Punya Uang Untuk Berobat Warga Kecamatan Jayanti Menawarkan Radio

Tangerang

Danramil 09/Mauk Tinjau Binaan Komsos Gapoktan Jamblang di Nagrek

Banten

Desa Klutuk Kecamatan Mekarbaru Adakan Kegiatan Musrenbangdes Untuk Pembangunan Tahun2022.
PEMKAB TANGERANG SIAP BANGUN RUMAH MANG AKOL WARGA JAYANTI

Tangerang

PEMKAB TANGERANG SIAP BANGUN RUMAH MANG AKOL WARGA JAYANTI

Tangerang

Dandim 0510/Trs Bersama Bupati dan Kapolresta Tangerang Panen Raya Jagung