Home / Lebak

Rabu, 10 Februari 2021 - 10:54 WIB

Praktisi Hukum Dan Pengamat Sosial Minta Polisi Tangani Terkait Afirmasi Di Cirinten

Suara45.com-Praktisi Hukum Dan Pengamat Sosial Agus Ruhban.S.H. menilai, ada sebuah kecerobohan terkait uang afirmasi untuk pemesanan barang yang di bawa kabur oknum operator di wilayah Dinas Pendidikan Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak.

“Menurut saya ini ada kecerobohan atau kelalian dari pihak sekolah, mestinya pemesanan barang itu kan langsung dari kepala sekolah dengan pihak penyedia barang tidak melalui perantara orang lain atau misalkan operator “Kata Agus Ruhban.

Dikatakan Agus Ruhban Lagi, ia menilai selain kecerobohan, dalam hal ini terjadi ada kerugian negara .sebab dana bantuan afirmasi tahun 2020 hingga kini belum ada barang yang di pesan oleh kepala sekolah kepada penyedia barang dan bahkan di duga di bawa kabur uang pesanan tersebut oleh oknum operator.

“Berarti disitu kerugian negara ada, maka setidaknya penyedia barang harus mengembalikan uang Dp yang masuk. Karena barangnya tidak dikirim dan juga berarti sekolah juga dibebankan juga membayar kepada penyedia barang jika ingin di kirim barang seutuhnya tapi karena uangnya sudah dibawa kabur oleh oknum operator, maka operator itulah yang harus di kejar oleh apparat penegak hukum”ujar Agus.

Baca Juga..!!  Anggota DPRD Lebak Minta Management Perusahaan Finance Transparan

Agus juga menyebut ulah oknum operator yang diduga membawa kabur uang tersebut, bisa dijerat dengan pasal 372 penggelapan atau penggelapan dalam jabatan dan ini menjadi ada beberapa norma yang di langgar artinya tetap kerugian negara ada di situ.

Maka persoalan ini menjadi tanggung jawab siapa, karena dalam hal ini jua ada unsur kelalaian kepala sekolah dan harus menggati juga uang sebanyak yang dirugikan .dalam hal ini artinya penyidik harus jeli apakah ada upaya persengkongkolan antara sekolah dan oknum operator.

“Saya khawatirkan ini hanya di jadikan kambing hitam saja si operator tersebut padahal uangnya di duga bagi-bagi. Kemudian si penyedia barang juga kan kalo memang tidak lunas tetapi dia sudah menerima DP maka dia harus tetap mengirim sejumlah barang yang di pesan atau dia kembalikan itu DP”tutur Agus”.

Agus berharap penyidik kepolisian di Lebak harus segera menyikapinya agar uang tersebut yang di duga di bawa kabur itu tidak hilang.

Baca Juga..!!  Ribuan Siswa SD Di Lebak Siap Berlaga Di Ajang Bintang Sains 2019

“Saya sebagai pengamat sosial dan hukum yang juga sebagai praktisi hukum agak penyidik kepolisian di lebak yang terdekat harus segera menyikapi hal ini agar pertama uang itu tidak hilang yang kedua memeriksa semua pihak diantaranya Kepala Sekolah dan penyedia barang dan pelaku itu sampai tertangkap karena ini takutnya ada permainan di belakang”tandasnya.

Diberitakan sebelumnya terjadi dugaan uang pemesanan barang dari sejumlah Sekolah Dasar di Wilayah Kecamatan Cirinten, Kabupaten Lebak di bawa kabur oknum operator. Lantaran uang pemesanan barang dari siplah melalui program afirmasi itu hingga saat ini tak kunjung ada barangnya. Bahkan dalam pemesanan barang tersebut oleh sejumlah sekolah di duga tidak mengacu pada juklak dan juknis.

Sementara Kepala Bidang Pembinaan SD pada Dinas pendidikan Kabupaten Lebak Maman ketika di konfirmasi tirak menjelaskan dan hanya mempersilahkan untuk menghubungi koordinator wilayah.

“oh iya, silahkan hubungi koordinator wilayah saja,kalau di jelaskan di WA agak panjang”ujar Maman melalui Whats Appnya dengan singkat.(Jumar)

Bagikan :

Baca Juga

Lebak

Muspika Cikulur Sosialisasikan Perbup No.28 Tahun 2020

Lebak

Anggota DPRD Lebak Siap Tantang APDESI Untuk Audensi
Keluarga Besar Polres dan Kodim 0603 Lebak Buka Puasa Bersama

Berita

Keluarga Besar Polres dan Kodim 0603 Lebak Buka Puasa Bersama
Pemkab Lebak Terbuka Untuk Investor Yang Akan Berinvestasi

Lebak

Pemkab Lebak Terbuka Untuk Investor Yang Akan Berinvestasi
Acara Silaturahmi, Pemkab Lebak Adakan Buka Puasa Bersama

Lebak

Acara Silaturahmi, Pemkab Lebak Adakan Buka Puasa Bersama

Lebak

Marak Tempat Karaoke Di Lebak, Badak Banten Desak Satpol PP Lakukan Penindakan

Lebak

Dirbinmas Polda Banten Tinjau Kampung Tangguh Nusantara Di Padasuka Lebak
Wakapolres Lebak Resmikan Gedung Pelayanan Masyarat Di Polsek Maja

Lebak

Wakapolres Lebak Resmikan Gedung Pelayanan Masyarat Di Polsek Maja