Home / Lebak

Sabtu, 30 Januari 2021 - 20:27 WIB

Soal Rumitnya Pergantian Kesalahan Tahun Di Akte, Ini Kata Pengamat Sosial Dan Hukum Dilebak

Suara45.com-sebelumnya diberitakan ada beberapa pemohon perubahan tahun pada akte kelahiran yang tidak sesuai dengan ijazah mengaku rumit,lantaran proses perubahan tersebut harus menempuh sidang di pengadilan.

Tentu saja, selain akan memakan waktu ditambah jarak tempuh domisili warga juga sangat berpengaruh terhadap minat untuk mengurus perubahan apalagi bagi warga yang awam tentang hal itu.

Kepala Bidang Pencatatan Sipil Kabupaten Lebak, Marlia Kurniasih ketika dikonfirmasi melalui Whatsapp menjelaskan seluruh bahwa dokumen kependudukan adalah produk hukum dan berdasarkan hukum UU Adminduk No.23/2006 sebagai mana telah dirubah menjadi No.24/2013.

“Apabila jika terjadi kesalahan pada produk hukum maka permasalahan dan perubahannya harus melalui ketetapan hukum,Adapun jika terjadi kesalahan pada redaksional bisa menggunakan Contrarius actus,artinya bisa dilakukan perubahan tanpa adanya ketetapan hukum atau pengadilan”kata Marlia lewat sambungan Whats Appnya.

Menanggapi hal itu Pengamat sosial dan Hukum Agus Ruhban Tabriwindarta, S.H. berpendapat bahwa sebetulnya kalau persoalan salah ketik itu tidak perlu menggunakan putusan pengadilan,
hanya tinggal di buat saja perubahaannya dimana yang bersangkutan sipemohon membuat surat pernyataan bahwa perubahan itu adalah benar adanya.

Baca Juga..!!  Program Badak Banten Pasang KWH Gratis Di Tempat Ibadah

“Disdukcapil lembaga pemerintah yang mengeluarkan akte kelahiran, maka kalau pun pihak disdukcapil ragu itu tidak dengan berurusan dengan pengadilan tapi cukup dengan di bubuhi surat pernyataan mengetahui kepala desa. dan kalau menggunakan putusan pengadilan itu misalnya hanya untuk permohonan perubahan nama saja Karena sudah ada putusan Mahkamah Konstitusi dan itu inkonstitusional misalkan telat bikin akte atau apa..tapi kalau kesalahan ketik atau pencatatan itu adanya di wilayah administrasi dan di buat pernyataan saja”kata Agus Ruhban S.H. yang di kenal Advokat itu.

Dikatakan Agus Kalaupun disdukcapil mengatakan harus ada putusan pengadilan kami akan bertanya putusan pengadilan seperti apa? Karena dalam sebuah perkara ada perkara yang jenisnya kontentius ataupun polenter tanpa sengketa.

“Ketika kita masukan dalam perkara polenter apakah disdukcapil sebagai termohon si masyarakat jadi pemohon kan jadi ga etis kecuali disdukcapil sendiri forma. Atau apa.. lah.. Jadi menurut saya Itu ribet ga ada dasar hukumnya kalau disdukcapil meminta segala putusan pengadilan ,coba dipertanyakan kembali putusan pengadilan seperti apa bentuknya dan harus seperti apa kata-kata hakim”papar Agus.

Baca Juga..!!  Meninggal Dinyatakan Corona,Warga Lebak Merasakan Ada Kejanggalan

Agus juga menyarankan kalau memang tidak subtansional,itu tidak perlu ada keputusan dari pengadilan cukup surat pernyataan dari desa saja apa lagi terlebih kebanyakan yang berurusan itu adalah pemohon dari masyarakat yang masih produktif dari kalangan anak muda.

“Kalau nanti tidak dilayani oleh disdukcapil para pengguna staekholder, misalkan anak ini melanjutkan ke perguruan tinggi atau nanti pekerjaan identitas ini tidak sesuai atau tidak ada kesamaan maka dikhawatirkan ada timbul keraguan terhadap orang yang memiliki identitas itu .sehingga nantinya dianggap pemalsuan dan banyak multi tafsir ketika ada perbedaan baik di akte maupun di ijazah”ujarnya. (7MR)

Bagikan :

Baca Juga

Lebak

Pembangunan Jembatan Di Girimukti Diprotes Warga Setempat

Lebak

Gaib 212 Temukan Dugaan Pungli Bansos Di Cikulur

Lebak

Pengamanan Pilkada Pandeglang,Kapolres Lebak Lepas 130 Personel

Lebak

Soal Laporan Dugaan Monopoli PT.APA, Musa Di Minta Lengkapi Keterangan Dan Bukti Oleh KPPU
Bupati Lebak Buka Pekan Ekonomi Creative 2019

Lebak

Bupati Lebak Buka Pekan Ekonomi Creative 2019
Operasi Pekat Polsek Rangkasbitung Amankan Puluhan Botol Miras

Lebak

Operasi Pekat Polsek Rangkasbitung Amankan Puluhan Botol Miras
Warga Sobang Tewas Di BTN Mandala

Lebak

Warga Sobang Tewas Di BTN Mandala

Lebak

GAIB 212 PAC Warunggunung Soroti Galian Tanah Merah Yang Di Duga Tak Berijin