Home / Banten / Berita

Rabu, 6 Januari 2021 - 10:54 WIB

WUJUD KOMITMEN, PRESIDEN JOKO WIDODO BAGIKAN SERTIPIKAT SECARA VIRTUAL DI PROVINSI BANTEN

Suara45 | Banten – Sebagai wujud komitmen dari pemerintah untuk lakukan percepatan pensertipikatan di seluruh tanah air, mengawali tahun 2021, Selasa (5/1/2021) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan sertipikat hak atas tanah di seluruh Indonesia secara virtual dari Istana Negara.

Penyerahan sertipikat secara virtual ini dilakukan di 26 provinsi, 273 kabupaten/kota, dan sebanyak 584.407 sertipikat tanah dibagikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo.

Dari 26 Provinsi termasuk diantaranya adalah Provinsi Banten juga selenggarakan penyerahan sertipikat secara virtual, yang digelar di Pendopo Gubernur Banten. Sebanyak 16.105 sertipikat yang akan dibagikan terdiri dari 16.103 sertipikat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan 2 sertipikat milik Pemerintah Daerah Provinsi Banten.

Oleh karena situasi saat ini masih pandemi covid-19 dengan tetap laksanakan protokol kesehatan dan lakukan Rapid Test terlebih dahulu, sebanyak 30 (tiga puluh) perwakilan masyarakat penerima sertipikat PTSL yang dihadirkan secara tatap muka di Pendopo Gubernur Banten, sementara 2 (dua) sertipikat Hak Pakai milik Pemerintah Daerah Provinsi Banten dengan penggunaan berupa Waduk Sindangheula diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten Andi Tenri Abeng kepada Gubernur Banten yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al-Muktabar.

Baca Juga..!!  Kelompok Tani Tales Bangga terima program UPPO

Secara keseluruhan 16.103 sertipikat PTSL yang telah dan akan dibagikan berasal dari Kantor Pertanahan Kabupaten Serang sebanyak 8.553 sertipikat, Kantor Pertanahan Kabupaten Pandeglang sebanyak 3.041 sertipikat, Kantor Pertanahan Kabupaten Lebak sebanyak 1.642 sertipikat, Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang sebanyak 2.381 sertipikat dan Kantor Pertanahan Kota Cilegon sebanyak 486 sertipikat.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo berpesan agar masyarakat menyimpan baik-baik sertipikat tanah, di fotokopi dan disimpan pada tempat terpisah, karena apabila hilang berdasarkan fotokopi yang dimiliki masyarakat dapat mengurus sertipikat penggantinya.

Baca Juga..!!  DPRD Kabupaten Serang Tolak UU Ciptaker, Buruh Kabupaten Serang : Kami Bukan Open BO Pak Dewan

Selain itu Joko Widodo juga menyampaikan jika masyarakat ingin menjaminkan sertipikatnya sebagai modal atau tambahan modal usaha untuk dihitung dengan baik dan dikalkulasi dengan hati-hati.

Masih dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Badan Pertanahan Nasional yang mampu melampaui target yang diberikan tahun 2017 mampu mesertipikatkan 5,4 juta, tahun 2018 9,3 juta sertipikat, dan tahun 2019 9 juta sertipikat.

Ditemui setelah kegiatan, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten Andi Tenri Abeng mengungkapkan, “Terima kasih kepada rekan-rekan BPN Banten atas kerja keras, kerja tanpa henti untuk sertipikat yang diberikan kepada masyarakat hari ini, semoga kegiatan ini memberikan manfaat untuk kita dan pastinya insyallah memberikan manfaat untuk masyarakat penerima sertipikat, mohon doanya semoga jajaran kami senantiasa diberikan kesehatan agar dapat melaksanakan tugas dengan baik,” ujarnya.(Nina/HmsKanwilBPN)

Bagikan :

Baca Juga

Berita

PWI Kabupaten Serang : 75 Tahun TNI, Sama Dengan Usia Indonesia

Lebak

Dinkes Lebak Akan Panggil Manager Rumah Sakit Dan Ini Penjelasannya

Pandeglang

Keringat Anggota TNI Di Desa Terpencil Pandeglang
Akibat Pembangunan Irigasi Tekhnis Ratusan Hektar Sawah Alami Kekeringan

Lebak

Akibat Pembangunan Irigasi Tekhnis Ratusan Hektar Sawah Alami Kekeringan

Tangerang

Pemkab Tangerang, Akan Perluas Area TPU Buni Ayu Kecamatan Sukamulya
DPRD F PKB Tanggamus  Sosialisasi Peraturan Pemerintah Terkait Covid-19 di Pekon Kali Miring

Tanggamus

DPRD F PKB Tanggamus  Sosialisasi Peraturan Pemerintah Terkait Covid-19 di Pekon Kali Miring
Lemkapi Berikan Penghargaan Promoter Reward Kepada Polres Metro Jakarta Barat

Jakarta

Lemkapi Berikan Penghargaan Promoter Reward Kepada Polres Metro Jakarta Barat
Demi Pajak Bapenda Tangerang Gandeng Kejari Dan KPK Pasang Penyadap Teller

Tangerang

Demi Pajak Bapenda Tangerang Gandeng Kejari Dan KPK Pasang Penyadap Teller